Latar Belakang

 

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN TAHUN 2017

DENGAN TEMA “SINERGITAS SEKOLAH DAN MASYARAKAT”

 

LATAR BELAKANG

Sekolah sebagai salah satu organisasi pendidikan yang keberadaannya tidak terlepas dari peran serta masyarakat dalam mewujudkan visi, misi serta tujuannya. Pembentukan komite sekolah merupakan salah satu langkah untuk melibatkan masyarakat secara langsung dalam peningkatan mutu layanan pendidikan di sekolah. Untuk mewujudkan kinerja komite sekolah yang efektif harus didukung oleh semua pihak termasuk di dalamnya Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi mempunyai peranan yang strategis dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Fakultas KIP mempunyai peranan dalam meningkatkan mutu pendidikan, termasuk di dalamnya peningkatan kapasitas partisipasi masyarakat, melalui peningkatan peran serta Komite Sekolah. Salah satu perwujudan komitmen Fakultas KIP dalam mendorong terwujudnya partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan, melalui penyelenggaraan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Sinergitas Sekolah dan Masyarakat” yang akan diselanggarakan pada hari Jumat, 22 September 2017 sebagai forum ilmiah demi terwujudnya tujuan pendidikan dan peningkatan partisipasi masyarakat terhadap sekolah.

Ruang lingkup materi yang dipaparkan adalah tentang “kebijakan dan Strategi Mengefektifkan Kinerja Komite Sekolah untuk Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan”.

Target peserta dalam seminar nasional sebanyak 150 orang, terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, praktisi pendidikan, dosen, mahasiswa dan masyarakat.

Seminar ini di selenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan bekerjasama dengan LPPM Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh, di bawah kepanitiaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *